Kamis, 11 April 2019



Part 3 nih gaesss...


Menghitung Hasil Pengukuran Tehodolit

1.  Mengitung Jarak

Jika memakai sudut vertikal (zenith) :
do = (BA-BB) x 100 x sin V,  jarak optis
do = (BA-BB) x 100 x sin2 V,  jarak datar
Jika memakai sudut vertikal (elevasi) :
do = (BA-BB) x 100 x cos V,  jarak optis
do = (BA-BB) x 100 x cos2 V,  jarak datar
Mengitung jarak

2. Perhitungan Beda Tinggi ( ?h )

Jika memakai sudut vertikal (zenith) :
?h = ta + dh – BT
tan V
Jika memakai sudut vertikal (elevasi) :
?h = ta + (dh x tan V) – BT
Sudut Zenith dan Sudut Elevasi

3. Perhitungan Ketinggian

TPx = TP1 + ?h , TP1 adalah ketinggian di titik pesawat

Penyetelan Tehodolit
1.  Dirikan statif sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan.
2.  Pasang pesawat di atas kepala statif dengan mengikatkan landasan pesawat dan sekrup  pengunci di kepala statif.
3.  Stel nivo kotak dengan cara :

·   Putarlah sekrup A, B secara bersama-sama hingga gelembung nivo bergeser ke arah garis sekrup C.
·  Putarlah sekrup C ke kiri atau ke kanan hingga gelembung nivo bergeser ke tengah. 

Penyetelan

4.  Setel nivo tabung dengan sekrup ungkit (helling).

Bila penyetelan nivo tabung menggunakan tiga sekrup penyetel (sekrup ABC), maka caranya adalah :
·  Putar teropong dan sejajarkan dengan dua sekrup AB (lihat gambar a)
·  Putarlah sekrup A, B masuk atau keluar secara bersama-sama, hingga gelembung nivo bergeser ke tengah (lihat ganbar a).
·  Putarlah teropong 90° ke arah garis sekrup C (lihat gambar b).
·  Putarlah sekrup c ke kiri atau ke kanan hingga gelembung nivo bergeser ke tengah-tengah.
Mendatarkan theodolit

5. Periksalah kembali kedudukan gelembung nivo kotak dan nivo tabung dengan cara memutar teropong ke segala arah.
Bila ternyata posisi gelembung nivo bergeser, maka ulangi beberapa kali lagi dengan cara yang sama seperti langkah sebelumnya. Penyetelan akan dianggap benar apabila gelembung nivo kotak dan nivo tabung dapat di tengah-tengah, meskipun teropong diputar ke segala arah.

6. Pesawat diarahkan ke segala arah.
Cara pembacaan bak ukur :
Pada rambu ukur akan terlihat huruf E dan beberapa kotak kecil yang berwarna merah dan hitam yang berada di atas warna dasar putih. Setiap huruf E mempunyai jarak 5 cm dan setiap kotak kecil panjangnya 1 cm.

Syarat Teodolit layak pakai

Pesawat theodolit layak digunakan apabila memenuhi syarat berikut ini:
Sumbu tegak (sumbu-I) harus benar-benar tegak.
Bila sumbu tegak miring maka lingkaran skala mendatar tidak lagi mendatar. Hal ini berarti sudut yang diukur bukan merupakan sudut mendatar. Gelembung nivo yang terdapat pada lingkaran skala mendatar ditengah dan gelembung nivo akan tetap berada ditengah meskipun theodolit diputar mengelilingi sumbu tegak. Bila pada saat theodolit diputar mendatar dan gelembung nivo berubah posisi tidak ditengah lagi, maka berarti sumbu-I tidak vertical, ini disebabkan oleh kesalahan sistim sumbu yang tidak benar, atau dapat juga disebabkan oleh posisi nivo yang tidak benar

Sumbu mendatar (sumbu-II) harus benar-benar mendatar

Garis bidik harus tegak lurus sumbu mendatar
Untuk memenuhi syarat kedua dan ketiga lakukan langkah-lankah sebagai berikut:

·  Gantungkan unting-unting pada dinding. Benang diusahakan agar tergantung bebas (tidak menyentuh dinding atau lantai)
·  Setelah sumbu tegak diatur sehingga benar-benar tegak, garis bidik diarahkan ke bagian atas benang. Kunci skrup pengunci sumbu tegak dan lingkaran skala mendatar.
·  Gerakkan garis bidik perlahan-lahan ke bawah
·   Bila sumbu mendatar tegak lurus dengan sumbu tegak dan garis bidik tegak lurus dengan sumbu mendatar maka garis bidik akan bergerak sepanjang benang unting-unting ( tidak menyimpang dari bidikan benang).



Tidak ada salah indeks pada skala lingkaran tegak.

·   Setelah syarat pertama, kedua dan ketiga dipenuhi maka arahkan garis bidik ketitik yang agak jauh.
·   Ketengahkan gelembung nivo lingkaran skala tegak
·   Baca lingkaran skala tegak, missal didapat bacaan sudut zenith z.
·   Putar teropong 1800 kemudian dikembalikan garis bidik ke titik yang sama
·   Periksa gelembung nivo lingkaran skala tegak, ketengahkan bila belum terletak di tengah
·   Baca lingkaran skala tegak, missal z’. Bila bacaan z’ = 360-z, maka salah indeks adalah 0

Apabila keempat syarat tidak terpenuhi maka diadakan pengaturan. Untuk mendapatkan sudut horizontal yang benar maka syarat pertama kedua dan ketiga harus benar-benar dipenuhi, sedangkan syarat keempat dipenuhi untuk mendapatkan sudut vertical yang benar.

Jenis – jenis teodolit

Macam teodolit berdasarkan konstruksinya, dikenal dua macam yaitu :
1. Teodolit Reiterasi ( Teodolit Sumbu Tunggal )
Dalam teodolit ini, lingkaran skala mendatar menjadi satu dengan kiap, sehingga bacaan skala mendatarnya tidak bisa diatur.
Theodolit yang termasuk ke dalam jenis ini adalah teodolit type To ( Wild ) dan type DKM-2A ( Kern ).
Teodolit Reiterasi
Theodolit Repetisi (sumbu ganda)
Konstruksinya kebalikan dengan teodolit reiterasi, yaitu bahwa lingkaran mendatarnya dapat diatur dan dapat mengelilingi sumbu tegak ( sumbu I ).
Akibat dari konstruksi ini, maka bacaan lingkaran skala mendatar 0°, dapat ditentukan ke arah bidikkan / target yang dikehendaki. Teodolit yang termasuk ke dalam jenis ini adalah teodolit type TM 6 dan TL 60-DP ( Sokkisha ), TL 6-DE (Topcon), Th-51 ( Zeiss )
Theodolit Repetisi

Macam theodolit menurut sistem pembacaannya :
1.                    Theodolit sistem bacaan dengan Index Garis
2.                    Theodolit sistem bacaan dengan Nonius
3.                    Theodolit sistem bacaan dengan Micrometer
4.                    Theodolit sistem bacaan dengan Koinsidensi
5.                    Theodolit sistem bacaan dengan Digital


Macam teodolit menurut skala ketelitian :
1.                    Theodolit Presisi ( Type T3 / Wild )
2.                    Theodolit Satu Sekon ( Type T2 / Wild )
3.                    Theodolit Sepuluh Sekon ( Type TM-10C / Sokkisha )
4.                    Teodolit Satu Menit ( Type To / Wild )
5.                    Teodolit Sepuluh Menit ( Type DK-1 / Kern )

Semoga Bermanfaat...

2 komentar:

Hi gaesss....imin mau kasih info tentang pelaksanaan metode pek asphalt semoga bermanfaat,,,,😇 METODE PEKERJAAN ASPALT AC-WC Ki...

Ilmu Survey